Minggu, 04 Mei 2014

Makalah Teknologi Pembelajaran Semester VI (PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN)



TUGAS TERSTRUKTUR
PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DI AJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
 TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

23273_95213329287_7380_n.jpg

                    

 


                                                            Disusun oleh
                            Kelompok                   :    3
                            Nama                          :
  
   Indra Gunawan
 Aulia Rahma
  Fara Dila Sandi
   Indri Martapuri
   Nur Asisah
  Sri Maryati
                           
                            Kelas                           :    B
                            Prodi                           :    S1 PGMI
                            Semester                     :    VI { Enam }
                            Dosen Pengampu        :    Hamdan, S.Si

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIA URRASYIDIN TEMBILAHAN

TAHUN AJARAN 2013-2014






DAFTAR ISI


Daftar Isi ............................................................................................................       i
Kata Pengantar ...................................................................................................      ii

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang .......................................................................................      1
B.       Rumusan Masalah ..................................................................................      1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Prospek Dan Tantangan Teknologi Pendidikan ...................      3
B.     Perkembangan Konsep Teknologi Pendidikan .......................................      5
C.     Penerapan Teknologi Pendidikan  ..........................................................      6
D.    Prospek Dan Tantangan Teknologi Di Era Globalisasi ..........................      7
E.     Solusi Terkait Prospek Dan Tantangan Teknologi Pendidikan Di Era Global                   10

BAB III PENUTUP
A.  Kesimpulan ........................................................................................    12
B.  Kritik Dan Saran ................................................................................    12

DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................     iii



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Puji syukur kami  panjatkan kehadirat allah Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan taufiq, hidayah, dan rahmat, serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul           PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ”.  makalah ini di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah TEKNOLOGI PEMBELAJARAN .
Tentunya makalah ini belumlah sempurna seperti yang di harapkan oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kemajuan dalam hal Penyusunan Makalah di kemudian hari.
Akhir kata kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.



Tembilahan, 25 – februari – 2014
Penulis


Kelompok 3



BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Teknologi merupakan bagian integral dalam setiap budaya makin maju suatu budaya, makin banyak dan makin canggih teknologi yang digunakan didalam dunia pendidikan, peran dan posisi teknologi pendidikan juga merupakan bagian integral dari pendidikan. Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum mengakui bahkan mengasah keberadaan teknologi pendidikan untuk membantu mengatasi masalah pendidikan pada umumnya dan pembelajaran pada khususnya. Untuk itu para teknologi pendidikan baik praktisi maupun akademisi harus berpikir dan bertindak proaktif untuk menjawab tantangan tersebut, dengan membuktikan dan mengembangkan teknologi pendidikan sehingga manfaatnya luas, apalagi dalam menghadapi era global. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai bagaimana konsep teknologi pendidikan dan prospek serta tantangan apa yang akan di hadapi di era global ini.
Kemajuan sains dan teknologi (S&T) telah didorong kuat oleh perkembangan gabungan media, telekomunikasi dan komputer, sehingga dunia telah berubah menjadi “kecil”seperti suatu “desa global”, dimana orang dengan cepat dapat mengetahui apa yang terjadi dibagian lainnya dari “desa” itu (Ibe, 1995).
Sesuai dengan ramalan Alfin Tofler bahwa zaman kini dan yang akan datang dunia berada pada “gelombang ketiga”, yaitu zaman komunikasi, maka peradaban manusia adalah perabadan Hitech (teknologi tinggi) yang menyebar luas dalam waktu yang singkat (Naisbit & Aburdane, 1990). Menurut The Economist (February 1994), pemilikan TV di Asia meningkat 10% tiap tahun dan 70 satelit komunikasi akan mengorbit antara tahun 1994-1997 dan lebih dari 500 saluran TV akan mengudara. Selanjutnya trend perkembangan sains dan teknologi dunia akan meningkat lebih dari 15% per tahun dan tekannnya akan lebih bersifat humanistik dan juga akan terjadi globalisasi bisnis dan teknologi informasi yang mau tidak mau akan melibatkan Indonesia. Jadi negara ini harus menyediakan SDM yang cukup dan dengan mutu kompetitif dalam menghadapi tantangan itu[1]
Teknologi pendidikan merupakan penerapan praktis pengetahuan untuk mengerjakan sesuatu yang kita inginkan  dalam dunia pendidikan. Dalam perkembangannya, teknologi pendidikan mengalami tantangan di era globalisasi. Oleh karena itu teknologi pendidikan harus mempunyai prospek di era globalisasi ini. Di era globalisasi ini, teknologi pendidikan digunakan atau dikaitkan dengan proses pembelajaran untuk mencapai Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Intruksional Khusus (TIK). Sehingga penggunaan teknologi pendidikan dalam dunia sekolah dapat mencapai hasil yang optimal.

B.            Rumusan Masalah
A.    Apa Maksud Prospek Dan Tantangan Teknologi Pendidikan ?
B.     Bagaimana Perkembangan Konsep Teknologi Pendidikan ?
C.     Bagaimana Penerapan Teknologi Pendidikan ? 
D.    Apa Saja Prospek Dan Tantangan  Teknologi Di Era Globalisasi ?
E.     Apa Solusi Terkait Prospek Dan Tantangan Teknologi Pendidikan Di Era Global ?




BAB II
PEMBAHASAN
PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI[2]

A.           PENGERTIAN PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Sebelum kami menjelaskan tentang prosepek dan tantangan teknologi pendidikan di era globalisi terlebih dahulu kami jelaskan pengertian prospek itu sendiri.
Menurut kamus besar Indonesia prospek adalah kemungkinan atau harapan[3]. Sedangkan teknologi pendidikan adalah merupakan media pendidikan, yaitu hasil teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan agar berhasil, berguna, efisien dan efektif. Sedangkan Prospek menurut bahasa (etimologi) adalah kemungkinan atau harapan. Jadi prospek Teknologi Pendidikan itu adalah kemungkinan atau harapan untuk Teknologi Pendidikan di masa mendatang.[4]. Tantangan adalah sebuah bentuk permasalahan atau probelmatika yang harus dihadapi dimasa depan.
Jadi, prospek dan tantangan teknologi pendidikan adalah suatu bentuk harapan dan juga probelmatika atau kendala yang dihadapi oleh teknologi pendidikan sebagai alat bantu dalam pemecahan masalah didunia pendidikan dalam era globalisasi. 
Pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manuasia untuk menghadapi tantangan yang timbul akibat perkembangan jaman. Mengenai masalah pendidikan, semakin berkembangnya jaman, selalu memunculkan permasalahan baru yang tidak pernah terfikir sebelumnya. Sama halnya dengan pendidikan di negara kita pastinya akan selalu ada permasalahan dan tantangan yang timbul[5]
Prospek teknologi pendidikan di era globalisasi adalah merupakan bentuk harapan dan penerapan teknologi pendidikan dimasa datang dalam era globalisasi. Sedangkan tantangan teknologi pendidikan globalisasi adalah suatu bentuk masalah atau problematika yang harus dihadapi di era globalisasi.
Jadi prospek dan tantangan teknologi pendidikan di era globalisasi merupakan suatu bentuk harapan dalam menghadapi problematika teknologi pendidikan serta pengaplikasikannya di era globalisasi.
Prospek dari teknologi pendidikan sejauh ini antara lain :
F Teknologi pendidikan berusaha memecahkan dan atau memfasilitasi pemecahan masalah belajar pada manusia sepanjang hayat, dimana saja, kapa saja, dengan cara apa saja, dan oleh siapa saja.
F Menurut Ferdinand Brandel: sebagai perbaikan proses serta sarana yang memungkinkan suatu generasi yang menggunakan pengetahuan generasi sebalumnya. 
F Menurut AECT (Association for Educational and Technology) menyebutkan bahwa prospek daripada teknologi pendidikan itu mencakup dua hal yang mendasar : 
Ø  untuk menganalisis masalah mencari, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.       
Ø  membantu menjembatani dan mengatasi persoalan- persoalan pendidikan.

a.     Perspektif Global
Pengetahuan merupakan pengalaman yang bermakna dalam diri tiap orang yang tumbuh sejak ia dilahirkan. Oleh karena itu, manusia yang normal, sekolah ataupun tidak, sudah pasti memiliki pengetahuan. Namun yang namanya pengetahuan, sifatnya acak. Bagi kita manusia, pengetahuan itu sangat potensial. Hanya, dalam kehidupan yang makin berkembang dan penuh tantangan, pengetahuan yang sifatnya acak tadi, nilai fungsionalnya tidak mencapai tingkat yang optimum untuk menghadapi tantangan dan memecahkan masalah yang makin rumit. Oleh karena itu, pengetahuan yang acak itu wajib ditingkatkan menjadi ilmu.
Pengetahuan yang acak dan terbuka, melalui proses yang panjang diorganisasikan serta disusun menjadi bidang-bidang filsafat, humaniora, dan ilmu. Selanjutnya ilmu di kelompokkan menjadi ilmu eksak dan non eksak, atau ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Ciri ilmu bila dibandingkan dengan pengetahuan yang acak dan terbuka, terletak pada adanya sistematik, objek kajian, ruang lingkup kajian dan metode yang diterapkan serta dikembangkannya. Pengetahuan tidak memiliki ciri-ciri yang demikian.
            Pengetahuan dengan ilmu, hubungannmya sangat erat. Oleh karena itu, dalam konsep ilmu, biasanya juga disebut ilmu pengetahuan. Sebutan atau panggilan yang demikian, diterapkan pada panggilan Ilmu Pengatahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

B.      PERKEMBANGAN KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Masih banyak yang terjadi kerancuan yang menganggap bahwa ciri utama teknologi pendidikan adalah adanya peralatan / sarana canggih dalam proses pendidikan. Teknologi pendidikan berbeda dengan “Teknologi dalam pendidikan”. Teknologi dalam pendidikan memang menuntut adanya sarana dalam kegiatan lembaga pendidikan. Teknologi pendidikan tidak menuntut adanya sarana tersebut, melainkan menekan pada adanya proses untuk memperoleh nilai tambah.
Pengertian teknologi (semua teknologi termasuk teknologi pendidikan) secara umum adalah:
1.    Proses yang meningkatkan nilai tambah
2.    Produk yang digunakan dan atau dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja;
3.     Struktur atau system dimana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.
Dalam perkembangan terakhir, teknologi pendidikan secara konseptual didefinisikan sebagai: teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian dalam proses, sumber dan system untuk belajar[6].

C.      PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 
Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan, artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar ( belajar lebih efektif, lebih efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih cepat, dan sebagainya. Untuk itu ada produk yang sengaja dibuat dan ada yang ditemukan dan dimanfatkan. Namun perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangan pesat akhir-akhir ini dan menawarkan sejumlah kemungkinan yang semula tidak terbayangkan telah membalik cara berpikir kita dengan  “ bagaimana mengambil manfaat teknologi tersebut untuk mengatasi masalah belajar ” .
Berkembangnya penerapan teknologi pendidikan boleh dikatakan berasal dari Amerika Serikat. Pada awal perkembangan sekitar ratusan tahun yang lalu teknologi itu dikenal sebagai cara mengajar dengan mengunakan alat peraga hasil buatan sendiri oleh guru di sekolah.
Beberapa bentuk penerapan teknologi pembelajaran secara menyeluruh, yaitu yang meliputi semua komponen dan karena itu merupakan sistem dapat dicontohkan sebagai berikut :   
*      Proyek percontohan sistem PAMONG ( Pendidikan Anak oleh Masyarakat, Orang tua, dan Guru ) di Kabupaten Karanganyar, Surakarta pada tahun 1974, dan disebarkan di Kabupaten Malang dan Gianyar pada tahun 1978. 
*      Pemasyarakatan P4 melalui permainan yang di ujicobakan di kabupaten Batu Malang.
*      Proyek Pendidikan Melalui Satelit ( Rular Satelit Project ) di perguruan tinggi wilayah Indonesia bagian Timur ( BKSPT INTIM ).
*      Program pedidikan karakter melalui serial televisi (pendidikan) pertama (dan terakhir).  
*      Program KEJAR Paket A dan B. 
*      Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) 
*      SLTP Terbuka.    
*      Univesitas Terbuka. 
*      Sistem Belajar Jarak Jauh yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan
*      Jaringan sistem belajar jarak jauh (Indonesian Distance Learning Network = IDLN) dan SEAMOLEC (SEAMEO Open Learning Center) yang berkedudukan di Puskkom Diknas.
Daftar ini sama sekali tidak komprehensif, karena masih banyak bentuk penerapan lain. Beberapa kegiatan ini memang sudah terhenti karena berbagai alas an kebijakan maupun pendanaan.

D.      PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI 
Semua bentuk teknologi adalah sistem yang diciptakan oleh manusia untuk sesuatu tujuan tertentu, yang pada intinya adalah mempermudah manusia dalam memperingan usahanya, meningkatkan hasilnya dan menghematnya sumberdaya yang ada . Prospek dari teknologi pendidikan sejarah ini yaitu Teknologi pendidikan berusaha memecahkan dan atau memfasilitasi pemecahan masalah belajar pada manusia sepanjang hayat dimana saja kapan saja dengan cara apa saja dan oleh siapa saja. Menurut Ferdinand Brandel prospek.dari teknologi pendidikan adalah sebagai perbaikan proses serta sarana yang memungkinkan suatu generasi yang menggunakan pengetahuan generasi sebelumnya. Sedangkan menurut AECT ( Association  For Educational and Tecnology ) menyebutkan bahwa prospek dari pada teknologi pendidikan itu mencangkup dua hal yang mendasar, yang antara lain : 
Ø  Untuk menganalisis masalah mencari, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
Ø  Membentuk, menjembati dan mengatasi persoalan-persoalan pendidikan. 

a.         Bentuk Prospek  Teknologi Pendidikan Di Era Globalisasi
Prospek        teknologi pendidikan di era globalisasi
F Teknologi pendidikan harus mampu menciptakan Know Ledge Society yaitu masyarakat yang berkeyakinan bahwa pengetahuan dan ketrampilan manusia jauh lebih penting dari pada sumber alam, materi yang melimpah, dan modal.
F Dengan fasilitas media pembelajaran (teknologi pendidikan), pendidikan harus dapat berjalan secara optimal.
F Teknologi pendidikan merupakan sebuah kebijakan dalam menyelesaikan problematika di dalam dunia pendidikan.
F Teknologi Pendidikan mampu menembus jarak ruang dan waktu dalam komunikasi dalam dunia pendidikan.
F Teknologi pendidikan dapat menampilkan berbagai jenis bahan audio visual termasuk gambar diam, film, obyek, specimen, dll.
F Teknologi pendidikan memberikan pengetahuan baru tentang sains dalam mengajar (Sudjana, 1990).
F Teknologi pendidikan mempermudah untuk memperoleh informasi dari luar yang dapat membantu kita dalam menghadapi masalah.
F Teknologi pendidikan dapat mempertinggi proses dan hasil belajar yang berkenaan dengan taraf fikir siswa (Azhar, 2000:51).
Prospek teknologi pendidikan di era globalisasi adalah merupakan bentuk harapan dan penerapan teknologi pendidikan dimasa datang dalam era globalisasi. Sedangkan tantangan teknologi pendidikan globalisasi adalah suatu bentuk masalah atau problematika yang harus dihadapi di era gloalisasi.
Jadi prospek dan tantangan teknologi pendidikan di era globalisasi merupakan suatu bentuk harapan dalam menghadapi problematika teknologi pendidikan serta pengaplikasikannya di era globalisasi.

b.         Tantangan Teknologi Pendidikan di Era Globalisasi
F Keterbatasan Human Skill dalam menguasai teknologi pendidikan.
F Kendala dengan biaya atau efisiensi.
F Kemajuan teknologi pendidikan diiringi dengan dekodensi moral.
F Kurangnya sosialisasi teknologi pendidikan pada lembaga – lembaga pendidikan.
F Tantangan Psikologi yaitu kondisi psikologi seseorang dapat menghambat proses komunikasi baik dari sisi keantusiasan, komunikasi, rasa percaya diri, dan daya tangkap.
F Tantangan Kurtural yaitu kultur atau budaya suatu daerah sering berbeda dengan daerah lain. Jika dalam proses komunikasi kurang adanya pemahaman maka akan menyebabkan terhambatnya komunikasi.
F Tantangan Lingkungan yaitu lingkungan yang kondusif memiliki peran yang penting dalam proses belajar mengajar agar proses komunikasi belajar dapat berjalan baik.

c.         Tantangan Dari Teknologi Pendidikan
Tantangan dari teknologi itu sendiri antara lain adalah :     
F adanya perubahan sosial yang semakin cepat berimplikasi pada pergeseran nilai masyarakat.
F Hingga saat ini belum ada pengakuan pemerintah atas profesi teknologi pendidikan
F Belum adanya inovasi- inovasi baru berkaitan dengan macam teknologi pendidikan baik dari segi teknologinya serta dalam proses maupun sistem.
F Berkaitan dengan penggunaan teknologi, kurangnya penguasaan guru terhadap teknologi memunculkan kekhawatiran terhadap siswa, sehingga tidak memiliki hubungan kedekatan dengan guru yang berimplikasi siswa menjadi pasif selama penggunaan teknologi.
F Adanya transformasi global tidak selalu merupakan sesuatu yang positif. Banyaknya hiburan yang lepas kendali, banyaknya sajian yang kurang mendidik, kekerasan yang ada sehingga dapat menyebabkan siswa lebih banyak meniru dan melakukan apa yang didengar dan dilihatnya melalui teknologi sehingga timbul hal-hal yang tidak diinginkan. 
Teknologi pendidikan merupakan teknologi terapan, artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar. Untuk itu ada produk yang sengaja dibuat dan ada yang ditemukan dan dimanfaatkan. Namun perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat akhir- akhir ini dan menawarkan sejumlah kemungkinan yang semula tidak terbayangkan telah membalik cara berpikir kita dengan “bagaimana mengambil manfaat teknologi tersebut untuk mengatasi masalah belajar”

E.      SOLUSI TERKAIT PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA GLOBAL
Dari uraian di atas mengenai prospek dan tantangan teknologi pendidikan di era global dapat diketahui bahwa banyak sekali  yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. yang paling utama kita harus menjadikan prospek dan tantangan itu adalah  sebuah motivasi   atau dorongan untuk berbuat lebih baik dan maju dan jangan jadikan semua itu sebuah halangan atau rintangan. beberapa hal yang bisa kita lakukan terkait dengan masalah diatas adalah sebagai berikut :  
F Adanya pergeseran  nilai masyarakat yang dikarenakan perubahan sosial yang semakin cepat ini harus diimbangi dengan penyesuaian di bidang teknologi pendidikan.artinya teknologi pendidikan haruslah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang selalu mengalami perubahan  sehingga teknologi pendidikan tidak tertinggal dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat.   
F Adanya pengakuan pemerintah atas profesi teknologi pendidikan ini harus terus diupayakan agar memperingan pekerjaan.  
F kita harus selalu mengupayakan adanya inovasi- inovasi baru berkaitan dengan  macam teknologi pendidikan.
F Guru harus selalu bisa menguasai teknologi yang ada agar para siswa punya kepercayaan terhadap guru. Penguasaan tersebut bisa dilakukan dengan diadakannya workshop atau seminar bagi para guru terkait dengan penguasaan teknologi.   
   Masih banyak terjadi kerancuan yang menganggap bahwa ciri utama teknologi pendidikan adalah adanya peralatan atau sarana canggih dalam proses pendidikan. Teknologi pendidikan berbeda dengan “teknologi dalam pendidikan” . Teknologi dalam pendidikan memang menuntut adanya sarana dalam kegiatan lembaga pendidikan. Teknologi pendidikan tidak menuntut adanya sarana tersebut, melainkan menekankan pada adanya proses untuk memperoleh nilai tambah.          




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Prospek adalah kemungkinan atau harapan[7]. Sedangkan teknologi pendidikan adalah merupakan media pendidikan, yaitu hasil teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan agar berhasil, berguna, efisien dan efektif. Sedangkan Prospek menurut bahasa (etimologi) adalah kemungkinan atau harapan. Jadi prospek Teknologi Pendidikan itu adalah kemungkinan atau harapan untuk Teknologi Pendidikan di masa mendatang.[8]. Tantangan adalah sebuah bentuk permasalahan atau probelmatika yang harus dihadapi dimasa depan. Jadi, prospek dan tantangan teknologi pendidikan adalah suatu bentuk harapan dan juga probelmatika atau kendala yang dihadapi oleh teknologi pendidikan sebagai alat bantu dalam pemecahan masalah didunia pendidikan dalam era globalisasi. 


B.     Kritik dan Saran
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, tentu makalah ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan dari segala sisinya. Oleh karena itu, penulis menerima kritik dan saran dari pembaca, yang tentunya  menjadikan makalah ini menjadi lebih baik. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pambaca dan Allah SWT meridhai hasil makalah ini. Amin Ya Rabbal Alamin.




DAFTAR PUSTAKA

Yusufhadi miarso, 2004. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: kencana pranada media group
Departemen pendidikan dan kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia.  Jakarta : Balai Pustaka.
http://tartojogja.wordpress.com/2008/05/21/tantangan-tantangan-pendidikan-guru-sains-dan-teknologi-dalam-menghadapi-abad-baru/ di akses pada hari Minggu tanggal 23 februari 2014 pukul 15.30
http://desain-pembelajaran.blogspot.com/2012/06/ltp-prospek-teknologi-pendidikan.html di akses pada hari Minggu tanggal 23 februari 2014 pukul 15.40
http://www.pradipha.com/2012/02/makalah-pendidikan-nasional.html di akses pada hari Minggu tanggal 23 februari 2014 pukul 15.50
http://m-arif-am.blogspot.com/2010/11/prospek-dan-tantangan-teknologi.html di akses pada hari Minggu tanggal 23 februari 2014 pukul 16.00




[1] http://tartojogja.wordpress.com/2008/05/21/tantangan-tantangan-pendidikan-guru-sains-dan-teknologi-dalam-menghadapi-abad-baru/

[2] Prof. Dr.  yusufhadi miarso, M.Sc. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. ( Jakarta : Kencana Pranada Media Group. 2004) hal : 165-176.

[3] Departemen pendidikan dan kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. ( Jakarta : Balai Pustaka. 1990) hal : 703.

[4] http://desain-pembelajaran.blogspot.com/2012/06/ltp-prospek-teknologi-pendidikan.html
[5] http://www.pradipha.com/2012/02/makalah-pendidikan-nasional.html

[6] http://m-arif-am.blogspot.com/2010/11/prospek-dan-tantangan-teknologi.html

[7] Departemen pendidikan dan kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. ( Jakarta : Balai Pustaka. 1990) hal : 703.

[8] http://desain-pembelajaran.blogspot.com/2012/06/ltp-prospek-teknologi-pendidikan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar